Sistem PO - Pre Order

Jualan Online Sistem PO VS Sistem Dropship, Mana yang Lebih Untung?

Sistem Dropship dan PO, Mana yang Paling Menguntungkan Digunakan Untuk Jualan Online? – Jualan online sekarang memang jauh lebih mudah karena adanya marketplace di Indonesia. Dengan adanya marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan juga Shopee, anda sudah tidak perlu repot-repot lagi mencari calon pembeli.

Yang perlu anda pikirkan untuk mulai jualan online sekarang adalah sistem apa yang akan anda gunakan. Dalam berjualan online, anda bisa memilih salah satu dari 3 macam sistem yaitu sistem reseller, sistem dropship, dan juga sistem PO.

Dari 3 sistem jualan online tersebut, yang paling banyak digunakan memang adalah sistem dropship dan juga sistem PO. Kenapa 2 sistem tersebut lebih sering dipilih? Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Anda bisa mulai jualan online dengan tanpa modal sama sekali.
  • Kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jauh lebih besar.
  • Risiko jualan online dengan 2 sistem tersebut sangatlah kecil.
  • 2 sistem jualan online tersebut sangat cocok digunakan pemula maupun yang sudah mahir.

Jika dibandingkan, manakah yang lebih menguntungkan antara sistem PO dengan dropship tersebut? Bagi anda yang ingin mengetahui mana sistem yang lebih menguntungkan antara dropship dan PO tersebut, anda pelajari saja kelebihan dan juga kekurangan dari masing-masing sistem tersebut di dalam artikel ini.

Baca juga : Alasan Peluang Bisnis Online di Marketplace Sangat Menguntungkan

Kelebihan dan Kekurangan Sistem PO Dibandingkan Sistem Dropship Untuk Jualan Online

Sistem PO - Pre Order

Sistem PO – Pre Order

Meskipun sistem dropship dan PO itu memang paling banyak digunakan untuk jualan online, namun sebenarnya masing-masing sistem tersebut masih memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Jadi jika anda mau tau mana sistem jualan online yang lebih cocok untuk anda gunakan, anda bisa bandingkan kelebihan dan juga kekurangan 2 sistem tersebut. Berikut adalah beberapa kelebihan dari sistem PO:

  • Sama sekali tidak membutuhkan modal karena calon konsumen biasanya diwajibkan untuk membayar down payment ataupun pembayaran penuh ketika ingin membeli produk yang dijual dengan sistem PO.
  • Anda bisa memastikan kualitas produk yang anda jual dengan menggunakan sistem PO.
  • Batas waktu pengiriman produk yang dijual dengan sistem PO jauh lebih panjang sehingga anda sebagai penjual bisa lebih maksimal dalam mempersiapkan produk yang anda jual.

Ya, memang ada banyak sekali kelebihan dari sistem PO ketika digunakan untuk jualan online. Namun ternyata, sistem PO tersebut bukan sistem jualan online paling sempurna. Faktanya, masih ada banyak kekurangan yang akan anda hadapi ketika jualan online dengan menggunakan sistem PO tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan menjual produk secara online dengan menggunakan sistem PO yang kemungkinan besar akan anda hadapi:

  • Sebagai penjual anda harus membangun trust atau kepercayaan dengan calon konsumen anda. Jika anda baru membuka toko online, kemungkinan besar anda tidak akan berhasil menjaring banyak konsumen karena masalah kepercayaan yang belum terbentuk.
  • Untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk yang anda jual dengan sistem PO, mau tidak mau anda harus menambahkan value tambahan pada produk yang anda tawarkan. Jika produk yang anda jual juga banyak dijual oleh penjual lain, untuk apa konsumen harus rela menunggu anda mempersiapkan produk yang ingin mereka beli bukan?
  • Proses menjual produk dengan sistem PO memang jauh lebih merepotkan jika dibandingkan dengan sistem dropship. Hal tersebut disebabkan karena anda kemungkinan besar harus berhubungan dengan produsen produk secara langsung.
  • Untuk bisa sukses menjual produk dengan sistem PO, mau tidak mau anda juga harus melakukan promosi yang lebih gencar dibandingkan dengan menjual produk dengan sistem dropship.

Baca juga : Kerja Online di Marketplace Cepat Menghasilkan

Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online Dengan Sistem Dropship Dibandingkan Sistem PO

sistem dropship

sistem dropship

Selain sistem PO, kebanyakan orang sekarang memang lebih memilih menjual produk secara online dengan sistem dropship. Hal tersebut disebabkan karena kelebihan sistem tersebut memang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan sistem PO. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan jualan online dropship jika dibandingkan dengan menggunakan sistem PO:

  • Tidak perlu repot mencari produsen untuk menyiapkan produk yang akan anda jual. Anda hanya perlu mencari supplier secara online. Asalkan anda masih bisa mengambil keuntungan, anda sudah bisa memilih penjual lain sebagai supplier.
  • Tidak perlu repot-repot membangun kepercayaan pada calon konsumen. Pasalnya, setiap konsumen membeli produk yang anda jual, anda bisa langsung membeli dari supplier dan mengirimkannya langsung ke alamat pembeli.
  • Anda bisa menjual lebih dari satu macam produk sehingga kesempatan untuk mendapatkan pembeli juga semakin besar.
  • Proses pencarian supplier juga lebih mudah karena anda bisa melihat rating ataupun review dari konsumen lain yang sudah membeli produk dari penjual yang akan anda jadikan sebagai supplier secara online.

Seperti halnya PO, sistem dropship juga memiliki kelemahan karena anda bergantung pada supplier. Namun kelemahan tersebut bisa anda kurangi atau bahkan hilangkan jika anda memilih supplier yang tepat.

Saat ini, sudah ada banyak sekali supplier yang memang fokus untuk membantu orang-orang yang ingin menjual produk secara online dengan cara dropship.

Lalu manakah yang lebih menguntungkan antara sistem PO dan sistem dropship ketika digunakan untuk jualan online, terutama di platform marketplace? Semuanya tergantung dari anda sendiri. 2 sistem tersebut bisa sama-sama menguntungkan jika digunakan dengan tepat.

Baca juga : Software Dropship Marketplace Cepat Handal Powerfull

Tips Memilih Antara Sistem Dropship dan PO Untuk Jualan Online di Marketplace

Masih bingung memilih mau jualan online dengan sistem dropship atau PO? Jika anda masih bingung, anda bisa cermati beberapa poin berikut ini untuk memilih salah satu dari 2 sistem jualan online tersebut:

  • Seberapa cepat anda mau mendapatkan keuntungan?

Setiap orang yang mau mencoba jualan online itu pasti mencari keuntungan bukan? Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual barang menggunakan sistem dropship maupun PO.

Namun sayangnya, 2 sistem jualan online tersebut tidak bisa memberikan keuntungan dalam waktu yang sama. Salah satu sistem jualan online tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa memberikan keuntungan.

Bagi anda yang memang ingin bisa lebih cepat merasakan keuntungan dari menjual produk secara online, anda lebih disarankan untuk memilih jualan produk di marketplace secara dropship.

  • Siapkah anda untuk membangun trust dan melakukan promosi?

Apakah anda siap untuk membangun trust dan melakukan promosi diluar marketplace? Perlu anda ketahui, proses membangun trust dan melakukan promosi itu membutuhkan modal tambahan.

Jika anda memang siap, anda bisa menjual produk dengan sistem PO. Meskipun memang membutuhkan tambahan modal, keuntungan menjual produk dengan sistem PO itu memang jauh lebih besar daripada dengan menggunakan sistem dropship, apalagi anda bisa mengontrol secara langsung kualitas produk yang anda jual.

  • Seberapa banyak waktu luang yang anda miliki?

Selain masalah seberapa cepat anda bisa mendapatkan keuntungan, anda juga perlu memperhitungkan masalah seberapa banyak waktu luang yang anda miliki sebelum mulai jualan online.

Pasalnya sistem PO itu pasti mau tidak mau akan menyita waktu anda. Jika anda memang tidak memiliki banyak waktu luang, lebih baik anda memilih menjual produk di marketplace secara dropship.

Kenapa? Karena menjual produk secara dropship itu jauh lebih praktis. Yang perlu anda lakukan hanyalah mempromosikan foto produk dari supplier saja. Semua proses packing dan pengiriman produknya akan ditangani oleh supplier.

Jadi secara mudahnya, jika anda memang tidak mau repot dan mengeluarkan modal tambahan, anda bisa memilih menjual produk secara online dengan sistem dropship.

Tertarik untuk belajar dropship lebih dalam? Memulai bisnis dropship dari nol? Anda bisa bergabung bersama kami di komunitas dutchscraper. Gabung Sekarang =>

Terimakasih, semoga bermanfaat untuk anda semua ^_^..

6

No Responses

Write a response