7 Alasan Kenapa Peluang Bisnis Online di Marketplace Sangat Menguntungkan

7 Alasan Peluang Bisnis Online di Marketplace Sangat Menguntungkan

7 Alasan Peluang Bisnis Online di Marketplace Sangat Menguntungkan – Sudah banyak sekali pengusaha pemula berusia muda yang sukses berbisnis online di berbagai media. Katakanlah pengusaha seperti Andrew Darwis dengan kaskus.co.id, Rico Huang dengan alona.co.id, atau Kang Dewa Eka dengan Billionare Storenya.  Kisah-kisah inspiratif seperti ini membuat sebagian besar anak muda menjadi termotivasi untuk ikut mencoba bisnis online dengan memanfaatkan berbagai platform sebagai media promosi. Ada yang menggunakan facebook, instagram, youtube, situs milik pribadi dan marketplace.

Disini kita akan membahas satu media yang bisa dijadikan peluang bisnis online yakni marketplace. Bagaimana sebenarnya cara memanfaatkan peluang bisnis online di marketplace? Baca Cara menjadi dropship dan trik banjir order

Setidaknya ada tiga marketplace besar di Indonesia yang sering menjadi tujuan pengusaha pemula untuk memulai jualan online yakni tokopedia, bukalapak dan shopee. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online atau ingin menambah omzet bisnis online Anda, kami rekomendasikan untuk membuka usaha di marketplace tersebut.

7 Alasan Peluang Bisnis Online di Marketplace Sangat Menguntungkan

7 Alasan Kenapa Peluang Bisnis Online di Marketplace Sangat Menguntungkan

7 Alasan Kenapa Peluang Bisnis Online di Marketplace Sangat Menguntungkan

Berikut ini 7 alasan kenapa peluang bisnis online di marketplace sangat menguntungkan bagi para pengusaha pemula.

  1. Bisa dimulai dengan minim sekali modal, bahkan tanpa modal

Sistem dropship sering kali dipilih karena mudah dan minim modal untuk mulai berjualan di marketplace. Sudah banyak supplier di marketplace yang membuka sistem dropship, bahkan mereka ini mencarinya. Para pemilik toko sering membuka peluang bisnis online di marketplace kepada siapa saja dengan menawarkannya menjadi agen atau reseller mereka. Jika Anda tertarik dengan produk-produknya, ikut saja gabung jadi resellernya. Gratis.

Agar jualan Anda laris di marketplace, syaratnya hanya satu. Rajin upload. Kecuali Anda sudah punya tools dropship khusus untuk mengupload otomatis secara rutin semua produk Anda. Gunakan juga judul produk yang lebih terperinci dan berbeda dengan suplier Anda jika Anda dropship. Jangan sama persis. Misalnya suplier Anda jual jilbab pashmina dengan judul “Jilbab Pashmina Impor”. Anda bisa lebih merincinya dengan judul “Jilbab Pashmina Azahra Katun Denim Impor 70 x 180 Vonny scarf”.

Jadi produk Anda tidak bersaing dengan produk supplier Anda.

Dengan sistem dropship ini, Anda bisa lebih meminimalkan modal diawal. Bahkan jika Anda bisa menawarkan langsung kepada teman, kerabat atau keluarga terdekat, Anda bisa memulainya tanpa modal dengan sistem bayar di depan atau pre-order. Tinggal masalahnya Anda mau atau tidak. Malu atau tidak mulai menawarkan jualan Anda ke orang-orang terdekat.

Baca juga : Software dropship marketplace indonesia terbaik

  1. Keamananan marketplace bisa jadi alternatif transaksi toko online Anda

Ketika pelanggan pertama Anda datang ke toko online pribadi milik Anda baik di instagram, facebook, situs bisnis Anda, bisa jadi mereka kurang percaya dengan Anda. Karena memang mereka baru kenal dan belum pernah bertransaksi online dengan Anda sebelumnya. Jelas mereka takut dan lebih waspada.

Disinilah keuntungan berjualan di marketplace bagi Anda yang punya toko online. Dengan membuka toko online di berbagai marketplace, Anda bisa mengalihkan mereka kesana. Nama besar dan kredibilitas marketplace yang telah dipercaya banyak orang, bisa jadi alternatif yang bagus untuk toko online Anda. Mereka akan lebih aman bertransaksi melalui marketplace di awal. Jika sudah beberapa kali repeat order, mereka pasti akan mempercepat transaksi bisa melalui situs Anda atau bahkan langsung ke kontak Anda.

Baca juga : Cara jualan di tokopedia

  1. Bisa dapat trafik gratis ke toko online Anda

Pernah lihat produk Anda di tokopedia, atau bukalapak yang Anda lihat muncul lagi saat Anda browsing di situs-situs lain? Ya, secara berkala seluruh marketplace besar selalu beriklan di berbagai media, seperti Google Adwords dan Facebook Ads.

Dan untungnya, dengan membuka bisnis online Anda di marketplace, produk Anda akan diiklankan gratis oleh mereka. Dengan menyertakan link yang mengarah ke toko online Anda pada deskripsi produk, Anda bisa mendapatkan trafik tambahan dari sana. Meski tidak banyak, tapi itu bisa membuat produk Anda lebih dikenal oleh calon pembeli Anda dan sekaligus bisa menaikkan posisi SERP toko online Anda.

Baca juga  : Cara daftar gratis ongkir di shopee

  1. Lebih mudah menjual apapun di marketplace daripada media lainnya

Jika ditanya, setiap orang yang mengunjungi marketplace itu untuk tujuan apa? Pasti jawabannya untuk beli sesuatu. Atau jual sesuatu kalau itu penjual.

Dengan berkumpulnya para pembeli yang sudah siap beli dan sudah punya daya beli, Anda bisa dengan mudah menawarkan produk Anda disini. Itulah salah satu alasan kenapa peluang bisnis online di marketplace sangat bisa memberikan keuntungan.

Berbeda jika melalui sosial media, youtube atau google. Orang mengunjungi sosial media biasanya untuk mencari hiburan. Mengunjungi youtube untuk cari video trending, berita, atau video lucu. Dan akan semakin beragam tujuan pengunjung yang berasal dari google. Jadi dengan membuka bisnis online di marketplace, Anda bisa menjual dengan lebih mudah.

Baca juga : Belajar cara jualan online hingga sukses

  1. Dengan sedikit uang, Anda bisa mengetahui produk yang paling laris dan sedang trend

Dengan menjadi gold merchant di tokopedia Anda bisa mendapatkan data penting mengenai informasi berharga, salah satunya adalah permintaan pasar. Dari informasi ini Anda bisa menganalisis lebih dalam mengenai kata kunci paling populer yang sering masuk ke toko online Anda dan marketplace tersebut.

Data ini sangat penting untuk mengoptimalkan penjualan Anda agar lebih maksimal.  Anda juga mengaplikasikan data ini ke dalam situs toko online Anda. Meskipun Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan akses premium tersebut, ini adalah salah satu peluang bisnis online yang sangat bagus di marketplace.

Baca juga : Kerja Online di Marketplace Cepat Menghasilkan

  1. Jika ada, Anda bisa menikmati layanan dan promo khusus dari marketplace

Seluruh marketplace selalu menawarkan paket layanan dan promo-promo khusus yang menarik baik bagi pembeli maupun penjual.Salah satu layanan yang bisa Anda manfaatkan menjadi peluang bisnis online di marketplace adalah adanya promo gratis ongkir dari shopee. Layanan ini bisa Anda dapatkan saat menjadi penjual.

Caranya sangat mudah, Anda cukup mendaftar saja untuk mendapatkan program ini dengan mudah melalui ikon free ongkir di aplikasi shopee. Lalu ikuti prosesnya hingga verifikasi menggunakan selfie dengan KTP. Jika Anda berhasil, akan ada email pemberitahuan dari pihak shopee ke email pribadi Anda. Meskipun sistemnya Anda harus membayar terlebih dahulu ongkir tersebut baru dibayar oleh pihak shopee, namun layanan ini salah satu poin penting keuntungan membuka bisnis online di marketplace.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Dropship di Semua Marketplace

  1. Reputasi, kunci pelaris toko online di marketplace

Terakhir, keuntungan paling bagus memulai bisnis online di marketplace adalah rating dan reputasi. Dengan rating yang biasanya selalu ditampilkan, toko online Anda bisa jadi lebih dipercaya di mata konsumen meskipun harga di toko Anda lebih mahal.

Semakin tinggi reputasi Anda, semakin banyak feedback positif yang Anda terima dari para pelanggan Anda dan semakin banyak barang terjual dari toko online Anda, maka akan semakin mudah bagi calon pembeli Anda untuk membeli apapun dari toko Anda.

Mereka jelas tidak akan khawatir sedikitpun mengenai kualitas dan pelayanan yang Anda berikan. Bahkan, jika performance toko Anda sangat bagus, maka toko Anda akan lebih direkomendasikan oleh marketplace tersebut ketika produk Anda dicari oleh para pembeli. Sangat menguntungkan, bukan?

Baca juga : Aplikasi scraper wajib bagi penjual online di marketplace agar cepat sukses

Itulah ketujuh alasan kenapa peluang bisnis online di marketplace bisa jadi awal yang bagus buat Anda yang ingin segera mendapatkan uang melalui internet. Dengan semakin mudahnya orang membeli apapun di marketplace seperti ini, satu hal pasti alasan kenapa Anda tidak sukses di marketplace adalah kemauan. Seperti kata pepatah, tidak akan berubah nasib Anda, jika Anda sendiri tidak serius mau merubahnya. Bukankah begitu?

1

No Responses

Write a response