Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Meningkatkan Omset Penjualan Online

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online di Shopee Tanpa Banting Harga

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online di Shopee Tanpa Banting Harga – Shopee memang adalah marketplace yang paling banyak dituju oleh konsumen yang ingin membeli produk secara online. Meskipun termasuk sebagai marketplace baru di Indonesia, namun Shopee benar-benar mampu mengalahkan pendahulunya.

Kebanyakan orang lebih memilih Shopee untuk belanja berbagai macam produk secara online adalah karena ada cukup banyak promo menarik, terutama promo gratis ongkir.

Karena jumlah konsumen di Shopee itu lebih banyak dibandingkan dengan marketplace lainnya, jelas jumlah penjualnya juga meningkat.

Setelah jumlah penjual di Shopee meningkat, jelas mau tidak mau beberapa penjual mengalami penurunan omset. Lalu bagaimana cara meningkatkan omset penjualan online di marketplace Shopee?

Apakah ada cara meningkatkan omset penjualan online di Shopee tanpa harus perang harga dengan penjual lain? Bagi anda seller Shopee yang saat ini sedang merasakan penurunan omset, kabar baiknya anda bisa meningkatkan kembali omset penjualan tanpa harus banting harga.

Baca juga : Cara Jualan di shopee

Meningkatkan Omset Penjualan Online

Meningkatkan Omset Penjualan Online

Penasaran bagaimana caranya meningkatkan omset penjualan online di Shopee tanpa harus perang harga? Pelajari dan praktekkan apa yang akan dibahas di artikel ini.

Kenapa Perang Harga Bukanlah Strategi Terbaik Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Online?

Sebelum membahas berbagai strategi yang tepat untuk meningkatkan omset penjualan online di Shopee, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu. Kenapa strategi perang harga itu bukanlah strategi yang tepat untuk meningkatkan omset penjualan online.

Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa anda sebaiknya jangan mengikuti strategi perang harga yang digunakan oleh kebanyakan seller Shopee:

–   Keuntungan yang anda dapatkan tidak akan sebanding dengan usaha yang anda lakukan

Perang harga sudah sejak dulu dikatakan sebagai strategi “putus asa”. Kenapa perang harga dinyatakan sebagai strategi “putus asa”?

Karena tidak ada satupun dari anda maupun kompetitor yang bisa mendapatkan keuntungan dengan menggunakan strategi tersebut.

Jikalaupun anda bisa mendapatkan lebih banyak penjualan dari kompetitor karena perang harga, hal tersebut tidak akan bertahan lama.

Cepat atau lambat pasti ada seller Shopee lain yang juga bisa mengalahkan harga termurah yang bisa anda tawarkan kepada konsumen.

Jika terus dilakukan, strategi perang harga justru akan membuat anda mengalami kerugian karena keuntungan yang anda dapatkan sangat tidak seimbang dengan usaha yang sudah anda lakukan.

Karena hasil yang anda dapatkan tidak sebanding, secara otomatis andapun tidak akan bersemangat lagi untuk menjual produk secara online di Shopee maupun marketplace lain.

Baca juga : Cara membuat diskon harga coret di shopee

–   Usaha anda tidak akan bisa berkembang

Selain tidak mendapatkan hasil yang sesuai dengan usaha yang anda lakukan, strategi banting harga atau perang harga untuk meningkatkan omset penjualan online juga tidak akan membuat anda bisa berkembang.

Anda tidak akan bisa mengembangkan usaha anda dengan cara perang harga karena hasil yang anda dapatkan tidak sepadan dengan modal yang anda keluarkan. Karena hasilnya tidak sepadan, jangankan mengembangkan usaha, anda bisa bertahan berjualan di Shopee dalam jangka waktu lebih dari satu tahun saja sudah sangat bagus.

–   Bukan strategi win-win solution bagi anda dan konsumen

Kenapa Shopee menjadi marketplace paling ramai di jaman sekarang? Salah satu alasannya karena Shopee memang sangat memanjakan konsumen.

Konsumen benar-benar dimanjakan karena mayoritas penjual di Shopee menggunakan strategi perang harga untuk meningkatkan omset penjualan online.

Padahal, strategi perang harga tersebut sangat tidak menguntungkan dari sisi penjual. Strategi perang harga yang katanya merupakan strategi yang paling efektif untuk meningkatkan omset penjualan online itu sebenarnya hanya menguntungkan dari pihak konsumen saja.

–   Anda tidak memiliki konsumen yang loyal

Satu lagi alasan kuat kenapa anda sebagai seller Shopee sebaiknya tidak menggunakan strategi perang harga untuk meningkatkan omset penjualan online karena strategi tersebut tidak membentuk konsumen loyal.

Alasan utama kenapa konsumen mau membeli produk di toko online anda hanyalah sekedar karena harga yang anda tawarkan jauh lebih murah dari toko online lain.

Jika suatu saat ada toko online lain yang menjual produk dengan harga yang lebih murah dari toko online anda, pasti konsumen anda tidak akan membeli dari anda lagi.

Baca juga : Rekomendasi Promo Shopee yang Wajib di ikuti oleh Penjual

Teknik Meningkatkan Omset Penjualan Online di Shopee yang Menguntungkan Anda Maupun Konsumen

Perang harga memang sangat tidak disarankan untuk digunakan sebagai strategi meningkatkan omset penjualan online di Shopee.

Masih ada banyak strategi yang lebih baik untuk meningkatkan jumlah penjualan di Shopee. Berikut adalah beberapa strategi yang tidak hanya cocok digunakan untuk meningkatkan omset penjualan online, namun juga membuat toko online anda memiliki konsumen yang loyal:

–   Promosikan produk yang anda jual di Shopee melalui sosial media dan messenger

Jangan pernah meningkatkan omset penjualan online di Shopee dengan cara membanting harga produk.

Daripada anda bersaing harga dengan penjual lain, lebih baik lakukan promosi di luar Shopee. Anda bisa melakukan promosi produk melalui sosial media seperti Facebook maupun Instagram. Sertakan link menuju produk yang anda jual di Shopee di setiap promosi anda.

Selain sosial media, anda juga sangat disarankan untuk melakukan promosi melalui messenger. Anda bisa memanfaatkan aplikasi messenger seperti Whatsapp, Line, dan juga WeChat untuk mempromosikan produk yang anda jual di Shopee.

–   Berikan nilai tambah pada produk yang anda jual

Kebanyakan orang lebih memilih perang harga untuk meningkatakn omset penjualan online di Shopee meskipun strategi tersebut bukanlah strategi yang baik.

Sebenarnya strategi yang paling baik untuk menaikkan omset penjualan di toko online anda adalah dengan memberikan nilai tambah pada produk yang anda jual.

Yang dimaksud dengan memberikan nilai tambah pada produk yang anda jual di Shopee adalah seperti memberikan bonus kepada konsumen setiap kali membeli produk tertentu.

Baca juga : Cara menambah follower di shopee

Sebisa mungkin, bonus yang anda berikan itu bukanlah produk yang anda jual juga di Shopee. Mayoritas konsumen sangat senang jika mendapatkan bonus satu barang dari membeli produk tertentu.

Strategi ini jauh lebih efektif lagi jika anda bisa memberikan satu bonus khusus yang memiliki kualitas lebih dari produk yang dibeli oleh konsumen.

Hal tersebut bisa anda lakukan dengan memberikan bonus berupa barang yang anda buat sendiri kepada konsumen.

–   Berikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen

Untuk meningkatkan omset penjualan online, anda juga sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen.

Beberapa macam pelayanan konsumen yang perlu ditingkatkan jika anda ingin mendapatkan banyak pembeli di Shopee adalah lebih cepat membalas pesan dari konsumen, lebih cepat dalam mengirimkan produk, dan juga berikan perhatian lebih kepada konsumen yang sudah pernah membeli produk di toko online anda.

Jadi sekarang anda sudah mengetahui bukan apa saja alasan kenapa perang harga tidak akan pernah menguntungkan bagi anda seller di Shopee?

Baca juga : Cara memulai bisnis online dropship di semua marketplace indonesia

Anda juga sudah mengetahui mengenai strategi apa saja yang paling tepat digunakan untuk meningkatkan omset penjualan online bukan? Jadi kapan anda akan berhenti melakukan perang harga dengan penjual lain hanya untuk meningkatkan omset penjualan online?

3

No Responses

Write a response