autoresponder whatsapp

Cara Menggunakan Autoresponder WhatsApp

Bagi Anda seorang pebisnis online khususnya yang selalu berinteraksi dengan email marketing setiap harinya tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya autoresponder. Kali ini kita tidak akan membahas lebih dulu tentang cara menggunakan Autoresponder WhatsApp.

Melainkan kita akan membahas lebih dulu tentang apa itu Autoresponder?

Jadi, Autoresponder merupakan suatu sistem atau aplikasi yang membuat seorang pengguna Autoresponder dapat menerima notifikasi dan kemudian mengirimkan data yang sudah terinput dalam program autoresponder.

autoresponder whatsapp

autoresponder whatsapp

Autoresponder sendiri bisa berjalan dalam beberapa hari tergantung dengan berapa lama responder dibuat, bisa 3 hari, 10 hari, 30 hari dan seterusnya.

Sebagaimana yang saat ini kita tahu bahwa media digital sudah berkembang pesat dari yang awalnya autoresponder hanya digunakan di email sekarang sudah bisa digunakan di WhatsApp. Cara kerja autoresponder WhatsApp ini sebenarnya sama persis dengan yang sudah bisa kita temukan melalui email marketing, hanya saja yang berbeda adalah platformnya saja.

Baca juga : Cara Mendapatkan API Whatsapp Terbaik Secara Gratis

Nah, setelah seorang customer memasukkan nomor WhatsApp ke dalam sebuah form yang di buat, form akan menerima data tersebut dan secara otomatis notifikasi WhatsApp sesuai dengan pesan yang dibuat sebelumnya dalam autoresponder diterima.

Terkait Autoresponder, banyak orang yang selama ini menganggap Autoresponder dengan Autoreply itu sama. Padahal keduanya berbeda.

Autoreply merupakan suatu program yang berjalan secara real time. Sementara autoresponder akan berjalan setiap hari. Autoreply akan bekerja sesuai dengan keyword user, sementara autoresponder bersifat langganan atau subscribtion.

Apakah Autoresponder WhatsApp Penting Untuk Bisnis?

Autoresponder dibuat untuk kepentingan bisnis, organisasi sampai dengan perorangan. Autoresponder dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan termasuk membantu proses follow up untuk kepentingan edukasi customer.

Melalui program Autoresponder, marketing suatu produk akan jauh lebih mudah ke customer. Anda dapat memberi penawaran dan informasi tentang produk, edukasi tentang produk atau kampanye dan informasi promo – promo menarik secara lebih mudah ke customer.

Tidak hanya bermanfaat bagi keperluan bisnis, program autoresponder juga sangat bermanfaat dalam kegiatan edukasi sekolah atau ecourse online. Melalui Autoresponder, pembelajar atau guru bisa mengirimkan pembelajaran secara berkala via WA.

Kemudian pentingnya Autoresponder dalam sebuah kegiatan transaksi juga menjadi pengingat. Terkadang ada customer yang memesan suatu produk namun lupa tidak membayar sehingga tujuan closing pun tidak tercapai.

Nah, melalui Autoresponder ini Anda bisa mereminder customer yang lupa membayar sampai mereka benar – benar membayar sejumlah pesanannya sehingga tujuan closing dapat tercapai.

Dengan semua manfaat dan fungsi dari sebuah aplikasi Autoresponder WhatsApp, banyak orang yang kemudian bertanya – tanya tentang cara menggunakannya bagaimana?

Baca juga : Whatsapp API Murah Berkualitas Dengan Fitur Melimpah

Cara Menggunakan Autoresponder WhatsApp

Tidak berbeda jauh dengan platform yang sudah kita kenal yaitu email marketing, penggunaan Autoresponder juga membutuhkan sebuah aplikasi atau platform pengelola. Sebagai contoh aplikasi email marketing membutuhkan platform pengelola seperti kirim.email, mailketing, getresponse, mailchimp, sendgrid, mailjet, amazonses dan sebagainya

Nah, untuk aplikasi Autoresponder WhatsApp juga demikian. Aplikasi Autoresponder WhatsApp membutuhkan platform Good Response untuk mengirim WhatsApp secara terjadwal dan berkala dengan konten yang bisa disesuaikan.

Goodresponse - aplikasi autoresponder whatsapp

Goodresponse – aplikasi autoresponder whatsapp

Bersama Good Response, Anda bisa membuat program Autoresponder yang dikirim tanpa batas kepada customer dan calon customer setiap harinya. Anda pun bisa melakukan reminder pembayaran, follow up customer dan sebagainya.

Kemudian jika target closing customer sudah tercapai, Anda bisa menghentikan program Autoresponder yang masih aktif tadi. Peningkatan penjualan Anda akan meningkat pesat bersama Good Response ini pastinya.

Baca juga : Whatsapp Gateway Terbaik di Indonesia

Bagaimana Cara Menggunakan Autoresponder WhatsApp di Good Response?

Cara menjalankan Autoresponder WA di aplikasi GR atau Good Response itu sangat mudah. Tata caranya sebagai berikut :

Bergabunglah di grup Telegram Good Response

Daftar Autoresponder WhatsApp di Good Response ini gratis. Anda bisa langsung bergabung melalui grup telegram Good Response melalui link ini.

Di grup tersebut hal yang Anda perlu lakukan adalah :

  • Mendaftar pada link yang disediakan setelah itu Login
  • Buka menu product
  • Klik add product seperti gambar berikut ini
tutorial good respon - buat kampanye

tutorial good respon – buat kampanye

Di sana Anda bisa membuat campaign untuk mensetting Autoresponder yang akan Anda kirim dalam beberapa hari sekali, jumlah customer service, device, API WhatsApp dan sebagainya.

Kalau sudah selesai membuat kampanye, klik submit.

Buka menu FollowUP

Setelah kampanye berhasil Anda buat, sekarang waktunya Anda membuat autorespondernya. Caranya anda masuk ke menu FollowUP lalu klik tombol add dan isi kolom yang tersedia.

tutorial good respon - buat follup siapsukses

tutorial good respon – buat follup siapsukses

Untuk membuat Autoresponder WhatsApp caranya juga sangat mudah. Anda tinggal klik buat urutan dan konten follow upnya.

Urutan 1 dikirim pada hari pertama, urutan 2 dikirim untuk hari kedua, dan seterusnya. Jika Anda belum faham, tenang aja, kamu bisa  lihat panduannya di menu tutorial dan tersedia juga video bagaimana cara menggunakan Autoresponder WhatsApp sebelum menjalankannya.

Tambahkan subscriber dan sebarkan formnya

Setelah melakukan langkah sebelumnya, Anda bisa test apakah Autoresponder sudah berjalan dengan lancar atau tidak. Cara mengetestnya cukup mudah yaitu :

  • Anda hanya perlu tambahkan subscriber baru
  • Buka menu produk
  • Kemudian klik tombol cart

Nantinya Anda akan diarahkan ke suatu form dan Anda perlu mengisi form tersebut seperti gambar berikut ini.

tutorial good respon - perbanyak leads

tutorial good respon – perbanyak leads

Link url form tersebut bisa segera Anda sebarluaskan guna mendapatkan subscriber baru. Tersedia juga form web API yang sudah terintegrasi dengan website. Dengan begitu Anda bisa melakukan instalasi dengan mudah dan melakukan coding dengan bebas.

Hasil Autoresponder WhatsApp di Good Response Bagaimana?

Jika Anda penasaran dengan hasil Autoresponder WhatsApp seperti apa setelah cara menggunakan Autoresponder WhatsApp di atas Anda lakukan, maka Anda bisa simak gambar berikut ini.

hasil autoresponder whatsapp via gr

hasil autoresponder whatsapp via gr

Gambar sebelah kiri menginformasikan tentang notifikasi follow up pembelian suatu produk. Sementara gambar sebelah kanan menginformasikan kuliah WhatsApp.

Nah, melalui Autoresponder WhatsApp ini, Anda bisa membuat kuliah WhatsApp atau membuat ecourse program yang berseri dan dikirim setiap harinya secara berkala. Hasil dari Good Response bisa Anda jadwalkan sesuai kebutuhan, misalkan dijadwalkan setiap pukul 7 pagi, jam 1 siang, jam 7 malam, jam 9 malam dan jam berapapun sesuai kebutuhan. Pengaturannya sangat fleksibel sehingga mudah bagi pengguna.

Bagaimana? Cara menggunakan Autoresponder WhatsApp dengan bantuan Good Response sangat mudah bukan?

Anda hanya perlu tinggal klik saja dan Autoresponder WhatsApp melalui Good Response sudah siap digunakan. Autoresponder berjalan setiap hari, Anda pun bisa mengirimkan pesan sesuai dengan apa yang Anda simpan di Good Response.

Tentunya dengan aplikasi Good Response ini diharapkan menjadi sebuah solusi terbaik untuk perkembangan bisnis Anda. Terlebih jika Anda ingin bisnis berjalan autopilot dan berhasil sukses besar di kemudian hari.

Tertarik menggunakan Autoresponder WhatsApp melalui Good Response?

Anda para pebisnis bisa langsung Daftar Sekarang Di Sini!

Untuk pemula yang belum pernah menggunakannya, Anda pun bisa daftar Trial terlebih dahulu. Tak perlu ragu cara menggunakan Autoresponder WhatsApp susah, caranya 100% mudah.

Setelah merasa cocok dengan trial yang diberikan, Anda bisa mendaftar Autoresponder WhatsApp berbayar dan dapatkan beragam fitur menguntungkan.

DAFTAR GRATIS

9

No Responses

Write a response