Membuat Auto Reply WA Lengkap Siapsukses

Auto Reply Whatsapp Terbaik Indonesia

Sudah pernah membayangkan bagaimana repotnya membalas pertanyaan yang sama berulang kali di Whatsapp? Jika anda tidak ingin mengalami hal tersebut, maka mulailah membuat auto reply Whatsapp.

Sekarang tidak sulit untuk menemukan aplikasi auto reply Whatsapp. Sudah ada banyak sekali yang menawarkan aplikasi tersebut. Dan lagi, cara membuat auto reply WA juga sebenarnya sangatlah mudah.

Masih belum memiliki aplikasi auto reply Whatsapp untuk bisnis online anda? Masih bingung mencari aplikasi apa yang bisa anda gunakan untuk membuat fitur tersebut? Jika anda masih belum paham mengenai auto reply Whatsapp, anda bisa pelajari di artikel ini.

Baca juga : Cara Mendapatkan API Whatsapp Terbaik Secara Gratis

Apa Itu Auto Reply Whatsapp?

Sebagian besar dari anda mungkin masih bingung mengenai apa itu auto reply Whatsapp. Maksud dari auto reply tersebut adalah sebuah fitur yang bisa memberikan jawaban otomatis ke calon konsumen.

Secara mudahnya, fitur auto reply ini sama seperti yang bisa anda gunakan di beberapa marketplace. Dengan adanya fitur auto reply tersebut, maka toko online anda benar-benar bisa berjalan selama 24 jam non stop, bahkan tanpa ada kehadiran anda di dalamnya.

Manfaat Menggunakan Fitur Auto Reply Whatsapp

Setelah mengetahui apa itu auto reply WA, mungkin masih ada beberapa dari anda yang menganggap bahwa ini bukanlah fitur penting.

Padahal, dengan adanya fitur ini, anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat fitur auto reply WA untuk bisnis online anda:

  • Memaksimalkan lead yang masuk ke dalam toko online anda

Manfaat pertama menggunakan fitur auto reply WA ini adalah anda bisa memaksimalkan lead yang masuk ke dalam toko anda.

Jika tidak ada fitur auto reply, maka setiap calon konsumen yang masuk ke toko online anda bisa saja batal membeli hanya karena pertanyaannya tidak terjawab dengan cepat.

  • Meringankan anda dari menjawab pertanyaan yang sama

Selain bisa memaksimalkan lead yang masuk ke dalam toko online anda, menggunakan fitur auto reply WA ini juga bisa meringankan anda dari tugas menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari fitur auto reply tersebut. Namun dari sekian banyak, yang paling berdampak adalah 2 manfaat tersebut.

Baca juga : Whatsapp API Murah Berkualitas Dengan Fitur Melimpah

Cara Auto Reply Whatsapp Dengan Mudah

Lalu bagaimanakah caranya untuk bisa membuat auto reply Whatsapp tersebut? Sayangnya, auto reply ini bukanlah fitur bawaan dari aplikasi Whatsapp.

Oleh sebab itu, mau tidak mau anda harus menggunakan fitur dari pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa membantu anda dalam hal pembuatan auto reply ini adalah Starsender.

WHATSAPP GATEWAY INDONESIA

WHATSAPP GATEWAY INDONESIA

Starsender adalah aplikasi berbasis website yang dibuat untuk mengotomatiskan baik kegiatan marketing maupun kegiatan sales di dalam toko online anda.

Karena tujuan utamanya untuk mengotomatiskan sepenuhnya toko online, maka sudah pasti auto reply bukanlah satu-satunya fitur yang bisa anda gunakan di dalam Starsender.

Selain auto reply, anda juga masih bisa menggunakan berbagai macam fitur seperti:

  • Auto responder
  • Pengiriman invoice secara otomatis.
  • Mengirimkan broadcast ke banyak nomor HP melalui file Excel
  • Mengintegrasikan Whatsapp Bisnis ke berbagai platform online

Dan masih banyak lagi fitur lain yang bisa anda gunakan di dalam Starsender. Hanya saja, saat ini memang fokus pembahasannya hanya mengenai cara membuat auto reply WA saja.

Baca juga : Whatsapp Gateway Terbaik di Indonesia

Bagi anda yang ingin membuat auto reply menggunakan Starsender, maka anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

  • Pertama, anda wajib harus sudah memiliki akun Starsender terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki akun Starsender, maka anda bisa mendaftar terlebih dahulu di link ini secara gratis.
  • Jika sudah berhasil membuat akun Starsender, selanjutnya login ke dalam akun anda.
tutorial cara membuat api whatsapp di starsender

tutorial cara membuat api whatsapp di starsender

  • Cari dan pilih menu Device (gambar panah nomor 1).
  • Setelah itu tekan tombol Tambah Device (gambar panah nomor 2).
  • Selanjutnya, tekan tombol Scan QR (gambar panah nomor 3).
  • Kemudian, scan QR yang muncul di Starsender menggunakan akun Whatsapp yang terpasang di HP anda.
  • Jika Starsender sudah terhubung dengan akun Whatsapp anda, maka selanjutnya cari dan pilih menu Autoreply seperti pada gambar dibawah.
menggunakan autoreply whatsapp di aplikasi starsender

menggunakan autoreply whatsapp di aplikasi starsender

  • Setelah menekan tombol Autoreply, maka akan muncul Pop Up seperti gambar di atas.
cara membuat bot whatsapp auto reply

cara membuat bot whatsapp auto reply

  • Untuk kolom Pengirim, isikan dengan nomor Whatsapp anda.
  • Sedangkan untuk kolom Request Keyword, isikan dengan berbagai macam keyword pertanyaan yang umum diajukan calon konsumen. Pisahkan keyword tersebut dengan tanda |.
  • Setelah itu, isikan jawaban untuk setiap Request Keyword tersebut di kolom Response.
  • Jika anda ingin menambahkan gambar di setiap balasan WA nanti, anda bisa upload gambarnya dengan menekan tombol Choose File di bawah kolom Response.
  • Bila semua sudah anda isikan, maka hal terakhir yang perlu anda lakukan hanyalah menekan tombol Tambah.

Setelah selesai membuat auto reply Whatsapp tersebut, maka hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah melakukan pengujian.

Jika anda mengikuti langkah-langkah pembuatan autoreply Whatsapp tersebut dengan benar, maka anda akan seharusnya sudah bisa membuat auto reply seperti contoh berikut ini:

contoh hasil bot whatsapp auto reply

contoh hasil bot whatsapp auto reply

Tips Membuat Auto Reply Whatsapp Untuk Bisnis Online Anda

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat auto reply WA, mungkin masih banyak dari anda yang merasa bingung mengenai apa saja yang perlu anda lakukan untuk bisa membuat auto reply yang bagus.

Memang tidak mudah membuat auto reply untuk bisnis online anda, apalagi jika bisnis online tersebut baru saja anda rintis.

Bagi anda yang masih bingung mengenai bagaimana cara membuat auto reply WA yang paling bagus untuk bisnis online anda, mungkin anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Buat terlebih dahulu auto reply untuk keyword umum di Starsender

Jika tidak segera dimulai, memang anda tidak akan pernah memulainya. Oleh sebab itu, daripada anda banyak memikirkan bagaimana cara membuat auto reply yang paling bagus untuk bisnis anda, lebih baik langsung buat di Starsender.

Pertama-tama, buat auto reply yang berisi keyword umum. Seperti yang sudah dicontohkan di bagian sebelumnya.

Ada cukup banyak keyword pertanyaan umum yang sudah bisa anda buat auto replynya di Starsender.

Beberapa pertanyaan umum yang sudah bisa anda buat auto replynya adalah seperti warna produk, ukuran produk, ketersediaan produk saat ini, dan masih banyak lagi.

  • Kumpulkan berbagai pertanyaan khusus dari calon konsumen

Selain membuat keyword pertanyaan umum, untuk bisa membuat auto reply Whatsapp yang lengkap untuk bisnis online, anda juga wajib rutin mengumpulkan berbagai pertanyaan khusus dari calon konsumen anda.

Hal ini bisa anda lakukan setiap hari jika memang ada pertanyaan yang tidak terjawab oleh auto reply yang sudah anda buat di Starsender.

Jadi bagaimana? Apakah anda sudah siap untuk membuat auto reply Whatsapp untuk bisnis online anda?

Jika anda ingin menggunakan fitur auto reply tersebut, anda bisa gunakan Starsender versi trial terlebih dahulu. Klik link di bawah ini jika anda mau Starsender versi trial.

Saya Mau Starsender Versi Trial

4

No Responses

Write a response